Jreeng! Eks Menteri Jokowi Ini Sebut Suplemen Covid-19 Ketemu

Politics

Jakarta, CNBC Indonesia –┬áDi tengah berbagai upaya sejumlah negara menemukan vaksin maupun obat untuk menangkal Covid-19, Indonesia membawa angin segar di tengah ketidakpastian wabah.

Eks Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kabinet Kerja, Eko Putro Sandjojo melalui akun Twitternya mengemukakan bahwa dalam waktu yang tidak akan lama Indonesia akan segera memiliki suplemen penangkal Covid-19.

“Sebentar lagi di Indonesia mudah-mudahan akan ada supplement yang dapat mengobati orang yang terpapar Covid-19 dan yang dapat memberikan proteksi agar tidak terpapar Covid-19 kepada kita semua. Mohon doanya,” kata Eko, dikutip Senin (27/4/2020).

Saat berbincang dengan CNBC Indonesia, Eko menjelaskan bahwa suplemen yang dimaksud kini telah diproduksi di Armenia. Suplemen tersebut adalah imonomudulator yang memiliki kemampuan sebagai potent anti oksidan dan anti inflamatory.

“Kita ada molekular dan drug research company. Salah satu formula kita adalah suplemen yang sudah di produksi di Armenia,” katanya.

“Di Armenia, dilakukan trial di Army Hospital sebagai suplemen tambahan bagi pasien Covid-19 dan rata-rata dalam 5-7 hari menjadi PCR negatif. Sekarang Kementerian Kesehatan menyarankan dokter dan rumah sakit menambahkan HTO untuk pasien Covid-19,” jelasnya.

Di Indonesia sendiri, kata Eko, kini telah dilakukan clinical trial suplemen tersebut terhadap pasien Covid-19. Eko mengatakan, diharapkan hasil dari trail tersebut bisa keluar dalam waktu yang tidak lama.

“Dan mudah-mudahan bisa melonggarkan social distancing sehingga orang bisa bekerja kembali dan ekonomi bisa bergerak kembali. […] Di Indonesia kita juga telah melakukan invitro vest dan invivo test terhadap corona IBV dan hasilnya baik sekali,” katanya.