Popularitas Ungguli Gibran, Purnomo Serahkan Pencalonan Pilkada Solo ke Megawati

Politics

Merdeka.com – Berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga survei Median, tingkat popularitas Gibran Rakabuming Raka, masih kalah dari Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Bakal calon wali kota Solo yang diajukan DPC PDIP Solo tersebut mengaku biasa saja.

Pengusaha SPBU itu menyerahkan semua keputusan ke Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

“Ya terserah, kalau saya biasa saja. Saya menyerahkan pada mekanisme partai, saya serahkan pada Ketua Umum (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri),” katanya, Senin (15/12).

Dia menilai hasil survei tersebut memang semua apa adanya. Sehingga tidak akan mempengaruhi proses politik di internal partai.

Namun, dikatakannya, secara pribadi dirinya bersyukur dengan hasil survei tersebut. Purnomo menegaskan untuk tetap menyerahkan hasil kepada Megawati.

“Bisa saja kan kenyataannya lain dari survei. Saya ini hanya ditugaskan oleh partai,” ujarnya.

Menanggapi manuver yang dilakukan putra sulung Presiden Joko Widodo yang gencar blusukan, ia mengaku tak khawatir. Termasuk elektabilitas Gibran yang bisa mengunggulinya usai manuver tersebut.

“Menurut saya kok wajar kalau Mas Gibran blusukan, dia kan belum dikenal masyarakat,” jelasnya.1 dari 1 halaman

Tidak akan Blusukan

Meski rivalnya aktif bermanuver, Purnomo mengaku tidak akan melakukan blusukan secara khusus ke masyarakat. Dia memilih fokus melaksanakan pekerjaannya sebagai Wakil Wali Kota Solo. Apalagi kegiatan blusukan sudah menjadi rutinitas selama ia menjabat Wakil Wali Kota Solo.

“Sekarang saya sudah tidak sempat blusukan. Kegiatan Pemkot saja sudah kewalahan. Besok Rabu kami akan meninjau harga pangan di pasar, tapi bukan untuk kampanye. Itu acara resmi,” katanya.

“Justru selama ini saya lebih banyak mendatangi undangan masyarakat. Jadi saya sudah tidak sempat untuk kampanye,” lanjut Purnomo.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menyebut hanya dua nama dari 18 orang yang popularitasnya tinggi dalam survei yang dilakukan Median. Yakni Achmad Purnomo dan Gibran Rakabuming Raka.

“Achmad Purnomo 94,5 persen dan kedua Gibran 82,3 persen, sisanya semua di bawah 50 persen,” kata Rico di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12).